Wednesday 4 September 2013

13 Types of Website

WEBSITE adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama
terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain.

Terdapat 13 Jenis Website, yaitu :

1. Portal
Portal web adalah situs web yang menyediakan kemampuan tertentu yang dibuat sedemikian rupa mencoba menuruti selera para pengunjungnya. Kemampuan portal yang lebih spesifik adalah penyediaan kandungan informasi yang dapat diakses menggunakan beragam perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer jinjing (notebook), PDA (Personal Digital Assistant), atau bahkan telepon genggam.

2. News
Tujuan dari tipe news adalah untuk menyediakan informasi mengenai kejadian-kejadian yang terjadi sekarang. Alamat websitenya biasanya diakhiri dengan .com

3. Educational
Tujuan dari tipe ini adalah untuk menyedikan informasi mengenai edukasi. Alamat websitenya biasanya diakhiri dengan .edu

4. Informational
Tujuan dari tipe ini adalah untuk menyediakan informasi-infomasi yang ada di seluruh dunia.

5. Business / Marketing
Tujuan dari tipe ini adalah untuk menjual barang atau servis. Alamat website ini biasanya diakhiri dengan .com

6. Blog
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

7. Wiki
Wiki adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu.

8. Online Social Network
Social Networking adalah kegiatan menjalin hubungan dengan orang lain melalui social media sites / situs jejaring sosial yang ada di internet. Bisa diakses di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Dan tidak jarang juga, orang-orang yang “maenan” situs semacam ini dibilang melakukan kegiatan yang ngga mutu. Padahal status update pun memiliki potensi dengan dampak yang luas. Sayangnya, terlalu sering sebuah buku dinilai hanya dari sampulnya.

9. Entertainment
Tujuan dari tipe ini adalah untuk menyediakan entertainmen dan hiburan yang menyenangkan 

10. Advocacy
Advokasi, mungkin merupakan kata yang cukup tidak asing dikalangan mahasiswa. Namun, tidak sedikit diantara mereka yang kurang memahami arti sebenarnya dari kata advokasi tersebut. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, advokasi dapat diartikan sebagai sebuah pembelaan. Misalnya digunakan pada kalimat “penggagas berdirinya lembaga bantuan hukum ini kembali menekuni dunia advokasi”.

11. Web Application
Dalam rekayasa perangkat lunak, suatu aplikasi web (bahasa Inggris: web application atau sering disingkat webapp) adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti HTML, JavaScript, AJAX, Java, dll) dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi.

12. Content Aggregator
Aggregator adalah peranti lunak yang menyerap dan mengumpulkan isi sindikasi web yang dipasok dalam format web feed (RSS, Atom, dan format XML lainnya). Pasokannya berasal dari weblog, podcast, vlog, dan situs web media utama.

 13. Personal
Merupakan website yang dibuat secara individual. Biasanya digunakan untuk menyediakan informasi atau hanya untuk menghibur

No comments:

Post a Comment