Friday 29 May 2015

Penjabaran Mind Mapping (22 Mei 2015)



Mind Mapping adalah suatu cara yang digunakan untuk menemukan akar dari suatu pemikiran yang kita miliki sehingga dapat menjadi acuan dalam pengembangan pemikiran tersebut. Dengan mind map, kita dapat menjabarkan segala hal yang terkait dengan pemikiran tersebut. Contoh penggunaan mind map adalah dalam rencana pembuatan suatu bisnis.

Mind map mencakup beberapa hal dan salah satunya adalah what, where, when, why, who dan how. Dalam kelas Creative Thinking, contoh yang digunakan adalah membuka suatu jasa foto. Aspek yang perlu diperhatikan dalam mind mapnya adalah 5W+1H serta hambatan dan tantangannya. Rencana yang dibuat pada contoh adalah membuat studio foto, berikut adalah rincian mind map:

What     = Menentukan tema, konsep, vendor, venue
Who      = Orang yang melakukan jasanya itu berkarakter, kreatif, dan berprinsip
Where  = Lokasi membuka jasa tersebut haruslah memiliki jangkauan luas, dominan pada kalangan atas, dan loyalitas. Contoh : PIK, BSD
When    = Waktu untuk persiapan harus diperhitungkan sebelum usaha dibuka
Why       = Bisnis studio foto akan berpeluang besar untuk mencari profit yang tinggi
How       = Dengan melakukan persiapan yang matang, menemukan investor dan menjalin kerjasama
Hambatan           = Modal awal yang besar
Tantangan           = Banyaknya pesaing dengan jasa sejenis yang telah terkenal seperti axioo, riomotret, dll

Intinya dengan menggunakan mind map, diharapkan dapat menemukan cara agar bisnis yang akan kita buka lebih menarik dan unik dibanding bisnis lain yang sejenis agar bisnis kita lebih dipilih olek konsumen. Maka dari itu saat melakukan mind map jangan sampai ada aspek yang terlewat.


No comments:

Post a Comment