Thursday 5 March 2015

Pertemuan II Creative Thinking



Dalam pertemuan pertama, pertanyaan yang muncul dalam pelajaran ini adalah apa itu kreativitas, manfaat kreativitas dan bagaimana cara menghadapi tantangan dalam 5 tahun ke depan. Dalam pertemuan pertama telah dijelaskan tidak secara mendalam namun intinya ada.
Kreativitas haruslah sesuatu yang baru, memiliki manfaat bagi banyak orang untuk menghadapi tantangan zaman yang silih berganti. Maka dari itu tugas kita sebagai mahasiswa / masyarakat Indonesia adalah untuk menghadapi segala tantangan dengan kreativitas yang kita miliki.

Saat ini Indonesia merupakan negara yang berkembang dan sepertinya masih agak sulit untuk berubah menjadi negara maju karena sebagian besar perekonomian Indonesia dikendalikan oleh orang asing sehingga membuat negara kita ini stagnan. Pemecahan yang diperlukan untuk masalah ini adalah agar Indonesia mulai membentuk sebuah perekonomian yang berbasis ide, bukan berbasis bahan mentah. Maksudnya, Indonesia adalah pengekspor kayu padahal sebenarnya jika kayu tersebut diolah menjadi mebel kemudian baru di ekspor maka Indonesia jelas akan mendapatkan keuntungan yang lebih dibandingkan dengan hanya mengirim kayu. Itulah yang disebut sebagai ekonomi kreati yang berbasis ide.

Masalah perekonomian tersebut terkadang banyak diabaikan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena mereka tidak mementingkan masalah tersebut. Terutama anak-anak muda yang memiliki kewajiban sebagai penerus bangsa. Mereka cenderung bersifat pasif dan tidak peduli padahal kesadaran akan kejadian yang terjadi di sekitar lingkungan mereka adalah sesuatu yang amat sangat penting. Jika mereka mencoba untuk menyadari apa yang terjadi maka mereka akan menemukan cara untuk menyingkapi masalah perekonomian yang ada di Indonesia saat ini.

Memang tidak mudah untuk berpikir secara kreatif namun sebenarnya semua orang diciptakan dengan memiliki kreativitas. Hanya saja bagi beberapa orang sulit untuk mengeluarkan ide kreatifnya karena mereka belum mencoba untuk tenang dan berusaha untuk masuk ke alam bawah sadar mereka yang sebenarnya adalah sumber kreativitas yang amat sangat kaya.

Saat ini masalah perekonomian yang buruk telah mengjangkiti Indonesia dan sangat sulit untuk dihentikan. Tugas kita sebagai mahasiswa / penerus bangsa adalah untuk mengatasi masalah tersebut namun saya memiliki pertanyaan akan tugas tersebut. Untuk menjalankan tugas tersebut kita memerlukan rasa cinta yang besar pada Indonesia agar timbul perasaan untuk memajukan negara yang kita cintai. Dan pertanyaannya untuk masalah ini adalah, “apakah kita mencintai tanah air kita, Indonesia?”

No comments:

Post a Comment