Sunday 29 March 2015

Pertemuan VI Creative Thinking



Pada pertemuan ke-6 pelajaran Creative Thinking, pembahasannya adalah mengenai lateral thinking. Dalam slide yang dipresentasikan oleh sebuah kelompok, terdapat penjelasan tentang Edward de Bono selaku pencipta teori berpikir lateral. Lateral thinking adalah sebuah cara berpikir dimana kita tidak terpaku dengan teori yang telah ada sebelumnya. Ini adalah cara berpikir yang mengajak otak untuk tidak menggunakan logika dan berusaha untuk berpikir secara out of the box.

Dalam memecahkan suatu permasalahan, lateral thinking dapat menerima jawaban permasalahan dari segala aspek dan sudut pandang. Tidak seperti cara berpikir ilmiah yang hanya dapat menerima 1 sudut pandang saja. Berpikir lateral tidak sekaku itu dan menerima keragaman pendapat mengenai pemecahan masalah.

Maka dari itu berpikir lateral dapat dikatakan lebih baik dibandingkan cara berpikir ilmiah yang hanya terpaku pada suatu teori.

Berpikir lateral berkaitan dengan six thinking hats karena menerima berbagai pemecahan masalah dari berbagai sudut pandang yang berada pada six thinking hats yaitu aspek informasi, emosional, kritis, nilai positif, produktivitas, dan fokus terhadap tujuan.

Jika membicarakan lateral thinking maka pembahasannya tidak akan pernah habis karena amat sangat luas. Maka dari itu untuk melakukan pembahasan mengenai lateral thinking perlu adanya batasan tertentu agar pokok pembahasan tidak melenceng jauh. Maka dari itu pada penjelasan di pertemuan ke-6 yang dibahas adalah tentang perbedaan berpikir lateral, kreatif dan ilmiah.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi berpikir ilmiah adalah suatu cara berpikir yang berpegang pada satu teori dan tidak menerima jawaban yang tidak sesuai dengan teori.

Berpikir kreatif sebenernya memiliki persamaan dengan berpikir lateral karena sama-sama memikirkan suatu pemecahan masalah dengan menggunakan cara berpikir yang berbeda dan beragam karena berasal dari sudut pandang yang banyak namun sebenarnya kedua cara berpikir ini memiliki perbedaan besar pada cara kerjanya.

Meski terdapat perbedaan, baik berpikir lateral maupun kreatif memiliki tujuan yang sama yaitu mempermudah pemecahan masalah dengan memikirkan jawaban masalah yang jelas dan membantu.

No comments:

Post a Comment